Laman

Sabtu, 04 Agustus 2012

Pengertian Administrasi Laboratorium

Pernahkah terbayang di benak kita, bahwa di sebuah pabrik konveksi terdapat administrasi di dalamnya? Atau kehidupan sekolah yang telah kita lewati, administrasi melekat disana. Begitu juga di laboratorium, administrasi merupakan salah satu komponen penunjang keberhasilan pengelolaan sebuah laboratorium. 

Pengertian Administrasi

Herbert A Simon dalam bukunya Administrative Behaviour, mendefinisikan administrasi sebagai kegiatan dari sekelompok manusia yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. 

Liang Gie dalam bukunya Unsur Unsur Administrasi: Suatu Kumpulan Karangan, mendefinisikan administrasi sebagai segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan-pekerjaan induk dan sumber-sumber kegiatan lainnya yang bermaksud mencapai tujuan apapun dalam usaha bersama dari sekelompok orang. 

Leonard D. White menyatakan bahwa  administrasi sebagai suatu proses yang umum dalam semua usaha-usaha kelompok baik usaha umum atau pribadi, usaha pemerintah atau swasta, sipil atau militer dalam skala besar maupun kecil. 

Dari definisi diatas dapat disarikan bahwa administrasi adalah rangkaian kegiatan bersama sekelompok manusia secara sistematis untuk menjalankan roda suatu usaha atau organisasi yang didasarkan suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan. 

Administrasi Laboratorium tidak hanya suatu proses pendataan atau pencatatan atau inventarisasi fasilitas dan aktivitas laboratorium, namun lebih luas lagi yakni administrasi laboratorium merupakan suatu proses bersama untuk menyelenggarakan kegiatan laboratorium baik berupa pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat secara kelembagaan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pengarahan, pengawasan untuk mencapai tujuan pengelolaan laboratorium secara terencana dan sistematis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar